6 Aplikasi Bermanfaat saat Ramadan

  • Whatsapp

Umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia, sedang bersukacita menyambut datangnya bulan Ramadhan 1442 H. Agar bulan penuh berkah ini lebih berfaedah, kamu bisa mencoba deretan aplikasi yang cocok untuk menemani menjalankan ibadah puasa.

Smartphone kini tidak hanya dipakai sebagai alat komunikasi dan hiburan saja, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan pahala. Caranya kamu bisa mencoba aplikasi-aplikasi rekomendasi di bawah ini yang sudah pasti dapat mendekatkan diri kepada ajaran agama Islam.

Aplikasi-aplikasi ini pun sudah tentu dapat digunakan di rumah aja, sangat cocok di kondisi pandemi corona yang menerapkan kebijakan physical distancing. Hal perlu kamu lakukan cukup download di aplikasi Google Play Store untuk handphone (HP) Android atau Apple App Store bagi pengguna iPhone.

1. Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro ini memang sempat ramai dibicarakan karena menjual data ke pihak ketiga, namun pengembangnya membantah hal tersebut. Terlepas dari itu, kamu masih bisa menggunakannya untuk memperlancar ibadah di bulan Ramadhan.

Muslim Pro memiliki fitur baru bernama Khatam Quran, yang memungkinkan pengguna menyelesaikan bacaan Al-quran baik secara individu maupun berkelompok selama bulan Ramadhan. Aplikasi ini juga dapat membantu mengingatkan kamu untuk salat tepat waktu, karena bisa memberikan informasi waktu salat berdasarkan lokasi pengguna.

Untuk pengguna yang membaca Al-quran sebagai kelompok, mereka dapat menetapkan bagian atau juz Al-quran untuk dibaca oleh anggota kelompok, serta mendorong anggota untuk menyelesaikan bacaan yang ditugaskan kepada mereka.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan informasi jadwal puasa, pencari arah kiblat, dan masjid di lokasi sekitar. Muslim Pro dianggap aplikasi yang lengkap, karena memiliki fitur Al-quran digital dengan terjemahan ke dalam beragam bahasa, termasuk Indonesia yang dilengkapi dengan audio.

2. Umma

Aplikasi Umma menawarkan dukungan kemudahan bagi umat Islam dalam beribadah, belajar, berinteraksi serta berbagi informasi antar sesama khususnya di bulan Ramadhan tahun ini. Fitur-fitur yang hadir di aplikasi Umma ini di antaranya adalah Al-quran digital, jadwal salat dan imsakiah, azan, kalender Islam, penunjuk arah kiblat.

Selain fitur penunjang ibadah utama, Umma menyiapkan beberapa fitur spesial untuk memaksimalkan ibadah umat muslim di rumah selama bulan Ramadhan kali ini, seperti Jurnal Ibadah Harian, yaitu fitur fitur penanda pencapaian ibadah (lencana) berdasarkan aktivitas pengguna di dalam aplikasi.

Ada fitur Klinik Baca Al-Quran, pengguna dapat mengecek kaidah pembacaan Al-Quran secara tartil, tajwid dan sesuai makhorijul huruf (ejaan huruf) untuk bacaan ayat-ayat tertentu. Kemudian, Live Streaming Kajian, untuk memfasilitasi pengguna berdiskusi maupun melakukan tanya jawab dengan ustaz secara langsung.

3. Qara’a

Qara’a merupakan aplikasi islam untuk kebutuhan ibadah sehari-hari. Beragam layanan yang ditawarkan oleh Qara’a meliputi Quran Digital, Quran Mushaf, Tafsir, Murottal, Jadwal Salat, kompas kiblat, catat amal, Doa Harian, dan lainnya.

Keunggulan aplikasi ini, bisa digunakan untuk belajar Al-quran dari pengenalan Hijaiyah. Aplikasi bisa memperbaiki bacaan Quran lewat fitur machine learning, mempelajari Makharijul dan Sifatul Huruf lewat artificial intelligence.

Cara penggunaan aplikasi Qara’a untuk belajar membaca Al-quran cukup sederhana. Pengguna cukup melafalkan potongan ayat yang tertera di layar hape mereka, sambil menekan ikon mikrofon.

4. Cookpad

Selain hal-hal yang berhubungan dengan ibadah secara langsung, ada juga aplikasi untuk inspirasi menu berbuka maupun sahur. Jika kamu bingung ingin masak apa untuk berbuka atau menu untuk sahur, jangan khawatir bisa baca resep-resep yang sesuai selera di aplikasi Cookpad.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Cookpad yang menyediakan beragam resep masakan khas Indonesia yang bisa kamu ikuti untuk menu berbuka atau sahur. Terdapat sekitar 653 ribu aneka resep masakan mulai dari makanan berat hingga makanan ringan yang bisa kamu hidangkan.

5. Alarmy

Saat bulan Ramadhan bangun sahur mungkin menjadi hal yang sulit. Solusinya kamu bisa memanfaatkan aplikasi Alarmy untuk membangunkan tidur.

Alarmy berbeda dengan aplikasi alarm biasanya atau yang ada di smartphone. Biasanya, alarm yang kamu pasang mungkin mudah untuk dimatikan atau di-snooze. Sementara untuk mematikan alarm di aplikasi Alarmy akan lebih sulit, sehingga mau tidak mau membuat kamu harus bangun.

Cara mematikannya, kamu bisa memotret sebuah objek yang sudah ditentukan saat mengatur alarm. Misalnya kamu mengatur untuk mematikan alarm dengan memfoto lampu kamar, maka saat alarm bunyi hal tersebut harus dilakukan.

6. 7 Minute Workout

Bulan Ramadhan bukan berarti waktunya untuk bermalas-malasan. Kamu juga harus tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga berat, kamu bisa berolahraga ringan yang bisa dilakukan dengan waktu singkat dan di rumah aja.

Aplikasi 7 Minute Workout menjadi jawabannya. Aplikasi ini akan memandu kamu menerapkan sistem olahraga tujuh menit per set dengan berbagai gerakan-gerakan yang mudah dilakukan.

Gerakan-gerakannya mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja, seperti sebelum waktu berbuka bisa kamu sempatkan berolahraga ringan dengan benda-benda yang ada di sekitar kamu seperti meja, kursi, dan dinding.

Sumber: Kumparan

Penulis: Redaksi

Pos terkait