Antisipasi Eksodus Warga India, Polres Aceh Timur Perketat Wilayah Perairan

  • Whatsapp

Kepolisian Resor (Polres) Aceh Timur memperketat penjagaan wilayah dengan melakukan patroli laut di perairan Aceh Timur guna mencegah masuknya eksodus warga negara asing dari India ke Indonesia.

“Informasi yang kami terima ada eksodus dari sana menuju Indonesia,” kata Kepala Polres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro, pada Minggu (25/4/2021).

Tindakan itu dilakukan mengingat lonjakan pandemi di negara tersebut naik tajam, dengan varian baru Covid-19 yang bisa membuat penularan lebih cepat dalam beberapa hari terakhir.

Mengantisipasi, Eko memerintahkan Satuan Polisi Perairan dan Udara (Sat Pol Airud), Satuan Sabhara dan kepolisian sektor yang memiliki wilayah perairan untuk melaksanakan patroli secara intensif, baik siang maupun malam ke sejumlah dermaga maupun pelabuhan.

“Kami memerintahkan pemantauan secara ketat,” ujarnya.

Tidak hanya memantau keberadaan warga negara asing, patroli secara intensif itu juga dilakukan sebagai antisipasi adanya tindak kejahatan lain berupa penyelundupan barang-barang terlarang.

Sebab, beberapa pengungkapan tindak pidana penyalahgunaan narkotika yang ditindak petugas, kebanyakan diselundupkan dari luar negeri melalui jalur laut.

Demi memastikan warga negara asing asal India tidak masuk ke wilayah perairan di Aceh Timur, pihak kepolisian mengajak para nelayan untuk berperan ikut memantau keberadaan para eksodus.

“Bila menemukan di perairan wilayah hukum Polres Aceh Timur diminta untuk segera melapor kepada kami atau instansi terkait agar diambil langkah penanganan,” imbaunya.

“Kegiatan patroli ini akan terus kita lakukan sekaligus untuk memantau perkembangan situasi saat ini,” imbuhnya.[]

Penulis: Muhammad

Pos terkait