MES Siap Berkolaborasi dengan ISYEF Aceh

  • Whatsapp

Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) Aceh melakukan kunjungan silaturahmi dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh di Pendopo Wali Kota Banda Aceh pada Kamis (29/4/2021).

Kedatangan tim ISYEF Aceh disambut langsung oleh Ketua MES Provinsi Aceh yang juga Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.

Ketua ISYEF Aceh, Fauzan Febriansyah dalam pertemuan tersebut menyampaikan, pihaknya akan menggelar Gerakan Anak Muda untuk Ekonomi Syariah (Games) Camp usai lebaran Idulfitri nanti.

“Karena tingginya angka Covid-19 di Jakarta dan Banda Aceh, ISYEF Ramadan Camp diganti dengan Games Camp,” kata Fauzan.

Diketahui Games merupakan wadah kolaborasi antara MES, ISYEF, Rabu Hijrah, Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) dan juga remaja masjid Islam se-dunia. Games ini, lanjut Fauzan, diharapkan menjadi wadah gerakan membumikan ekonomi syariah yang inklusif dan kolaboratif.

Selain itu, untuk mendorong ekonomi syariah, pihaknya juga berencana membuat Forum Blang Padang yang targetnya mendorong diskusi-diskusi yang lebih strategis mengenai pariwisata yang dihadiri stakeholder meeting seperti diskusi mengenai tantangan food estate dalam basis ekonomi syariah dan sebagainya.

“Kenapa dinamai Forum Blang Padang, karena stakeholder-nya di Blang Padang, pendopo wali kota, rumah dinas DPRA, Kapolda, Pangdam dan banyak tokoh-tokoh penting lainnya di Blang Padang,” kata Fauzan.

“Kalau Aceh setiap harinya disuguhkan berita politik, apalagi peredaran narkoba dan berita-berita negatif lain, akhirnya masyarakat kehilangan harapan. Jadi penting stakeholder yang ada di daerah Blang Padang ini kemudian setiap bulannya mewacanakan gagasan-gagasan konstruktif yang memberikan harapan bagi masyarakat,” tambahnya.

Ketua ISYEF Aceh itu juga menyampaikan, dalam hal gerakan ekonomi syariah, harus ada output yang jelas terukur dan bisa langsung dirasakan masyarakat terkait kebermanfaatannya.

“Tentu saja rakyat menunggu implementasi yang nyata, ada yang real terbangun, ada rakyat yang mendapatkan berkah dan manfaat dalam hal gerakan ekonomi syariah. Itu yang terus kita dorong ke depan,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh, Aminullah Usman memastikan MES siap berkolaborasi dengan Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) dalam mengoptimalkan potensi ekonomi syariah di Aceh.

Kata Aminullah, MES akan terus melakukan sosialisasi dan menjalankan program-program terbaik dalam rangka membumikan sistem ekonomi Islam di seluruh Aceh.

Karenanya, organisasi yang dipimpinnya siap berkolaborasi dengan pihak manapun, termasuk ISYEF yang dihuni anak-anak muda kreatif yang selama ini dinilai telah melakukan kerja-kerja cerdas dalam menggaungkan kebangkitan ekonomi ummat.

Dalam pertemuan ini banyak hal yang didiskusikan, termasuk ide-ide yang akan dituangkan dalam berbagai kegiatan, sepeti Games (Gerakan Anak Muda Ekonomi Syariah). Games ini merupakan wadah kolaborasi antara MES dan ISYEF yang kemudian juga melibatkan kalangan pemuda seperti remaja masjid.

Dibahas juga wisata halal dimana Banda Aceh dan Aceh secara umum memliki potensi yang sangat besar. Ditambah lagi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang dalam waktu dekat akan berkunjung ke Banda Aceh merupakan pengurus MES Pusat dibawah kepemimpinan Ketua Umum Erick Tohir.

Selain itu, MES dan ISYEF juga mendiskusikan wacana menggelar kegiatan akselerasi antik hoaks. Aminullah menyambut baik ide tersebut karena dapat mencerdaskan masyarakat dengan informasi yang akurat dan terpercaya.

“Bahkan soal Qanun LKS saja banyak info hoaks yang beredar di luar sana,” kata Hendra Saputra, pengurus ISYEF saat membahas rencana tersebut.

Pertemuan ini bertepatan dengan Milad ISYEF yang ke 3 tahun. Organisasi yang berdiri 29 April 2018 ini pun mendapat ucapan selamat dari Wali Kota Aminullah dan Sekum MES Aceh Sugito.

“Selamat Milad yang ke 3 tahun untuk ISYEF, terus bergerak untuk kebangkitan ekonomi ummat,’ kata Aminullah Usman.[]

Penulis: Roni

Pos terkait