Travel Ban Dicabut, Indonesia Bisa Langsung ke Arab Saudi

  • Whatsapp

Pemerintah Arab Saudi mengumumkan akan mencabut larangan terbang langsung (travel ban) bagi Indonesia.

Dicabutnya larangan itu menjadikan pelaku perjalanan nantinya bisa langsung masuk ke negara tersebut tanpa harus menjalani karantina selama 14 hari di negara ketiga.

Dikutip dari Saudi Gazette, pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Arab Saudi mengatakan kebijakan ini akan berlaku efektif mulai 1 Desember 2021 pukul 01.00 dini hari waktu setempat.

Selain Indonesia, ada lima negara lainnya yang travel bannya juga telah dicabut, seperti India, Pakistan, Mesir, Brasil, dan Vietnam.

Para pengunjung dari enam negara ini harus menjalani karantina selama lima hari, setibanya di Arab Saudi. Aturan ini berlaku tanpa memandang status vaksinasi Covid-19 mereka.

Dengan adanya kebijakan terbaru ini, negara yang masih dikenakan travel ban oleh Arab Saudi yakni Turki, Ethiopia, Afghanistan, dan Lebanon.

Kemendagri Arab Saudi menegaskan, protokol kesehatan harus tetap dipatuhi oleh para pelaku perjalanan.

“Seluruh prosedur dan kebijakan akan selalu dievaluasi oleh otoritas kesehatan yang kompeten di Kerajaan, dengan berdasarkan perkembangan situasi epidemiologis secara global,” ujar sumber yang tidak disebutkan namanya itu.

Keputusan pencabutan travel ban ini diambil setelah dilakukan pemantauan situasi pandemi dunia, baik lokal maupun global. Otoritas kesehatan juga telah melakukan penilaian atas laporan perkembangan pandemi dan stabilitas dari situasi wabah di sejumlah negara.

Penerapan travel ban atau travel suspension ini sudah berlangsung sejak Februari 2021. Saat itu, sebanyak 20 negara tidak diizinkan untuk terbang langsung ke Arab Saudi, antara lain Amerika Serikat, India, Indonesia, Mesir, Turki, Italia, Afrika Selatan, hingga Inggris.

Keputusan travel ban tersebut diambil akibat situasi Covid-19 yang kurang baik di 20 negara tersebut.

Negara ini pertama menutup perbatasan internasional pada Maret 2020, ketika pandemi Covid-19 mulai merebak.

Penangguhan penerbangan internasional ini dicabut pada Mei 2021, tetapi tidak berlaku bagi 20 negara travel ban; termasuk Indonesia.

Kemudian pada akhir Agustus, Kemendagri Arab Saudi melonggarkan aturan travel ban tersebut. Khusus bagi pemegang izin tinggal atau ekspatriat yang sudah divaksin dosis penuh, mereka bisa memasuki negara tersebut secara langsung.[mu]

 

Sumber: Kumparan

Penulis: Redaksi

Pos terkait